Pandemi COVID-19 telah memaksa organisasi untuk mengubah status quo mereka secara fungsional, mengarah ke norma baru bekerja dari rumah (WFH). WFH telah menjadi praktik yang semakin umum dan merupakan dimensi penting dalam pekerjaan di masa depan. Dengan diterapkannya model kerja WFH menimbulkan permasalahan yang terjadi khususnya di Indonesia, dimana budaya WFH masih belum menjadi budaya …
Industri farmasi memiliki peraturan dan prosedur yang ketat untuk menjamin sistem mutu dengan menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) atau current Good Manufacturing Process (cGMP). Hal ini harus dipatuhi oleh industri farmasi untuk menjamin keamanan, khasiat dan mutu produk yang dihasilkan konsisten. Untuk menghasilkan kualitas yang konsisten maka perlunya industri farmasi melakuka…
Bisnis kefarmasian mengalami perubahan signifikan akibat perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 dan penyesuaian kebijakan pemerintah di bidang kesehatan. Munculnya pandemi covid 19 menambah tantangan baru dalam penerapan strategi bisnis farmasi. Apotek X Bekasi termasuk salah satu apotek yang mampu bertahan di tengah dinamika perubahan dunia bisnis. Namun untuk jangka panjang,…
Perubahan paradigma pada bisnis farmasi salah satunya apotek terjadi akibat adanya program Jaminan Kesehatan Nasional. Pengadaan obat dengan harga murah yang menjadi keunggulan program JKN sehingga terjadinya perubahan dari pasien umum menjadi peserta JKN dimana obat secara langsung diberikan kepada pasien tanpa biaya. Perubahan ini mungkin memberi dampak kepada apotek seperti penerimaan r…
Bisnis kecantikan telah menjadi industri besar yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari banyak orang. Setiap perusahaan bersaing untuk memberikan produk yang berkualitas, layanan yang memuaskan, menjaga citra merek yang diharapkan agar dapat mempertahankan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelan…
Dalam sektor kesehatan, citra merek yang baik berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitas yang dirasakan dan tingkat kepercayaan pada produk. Klinik kecantikan berusaha menciptakan citra merek yang positif dengan memberikan kualitas terbaik melalui produk dan layanan. Peningkatan ini dapat membantu dalam mengembangkan kepercayaan konsumen sehingga diharapkan mampu menghasilkan loyal…