Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dan efisiensi penggunaan Rota Integrated Filling Machine (RIFM) pada vial berukuran 2 ml di PT. X Jakarta. Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil pengisian melalui evaluasi aspek teknis dan waktu operasional mesin. Penelitian ini bersifat eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan deskriptif bertujuan memberikan wawasan mendalam …
Disaat masa pandemi semua sektor termasuk perdagangan produk kosmetik mengalami penurunan. Klinik kecantikan dr.X di Bekasi memiliki lebih dari 2000 member, dimana pada masa pandemi ini jumlah pelanggan klinik kecantikan dr.X tidak mengalami penurunan yang terlalu besar. Hal ini membuktikan bahwa klinik kecantikan dr.X memiliki pelanggan yang loyal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempe…
Jumlah Apotek yang terus bertambah membuat persaingan bisnis antar Apotek semakin meningkat, dan berkurangnya jumlah resep mengharuskan Apotek untuk mengoptimalkan strategi bauran pemasaran guna dalam membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Pada penelitian ku…
Persaingan bisnis farmasi yang semakin ketat membuat apotek merancang strategi agar lebih banyak konsumen berminat membeli dan melakukan pembelian produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur. Strategi apotek X Jakarta Timur untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk obat OTC menggunakan kualitas pelayanan, harga dan citra merek. Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahu…
Saat ini, perusahaan farmasi di Indonesia mulai memikirkan konsep-konsep bisnis yang jitu dan berkualitas salah satunya dengan penerapan total productive maintenance (TPM). Dengan penerapan TPM mampu menurunkan atau menghilangkan six big losses yang terjadi di industri farmasi dan semakin mendekati dengan tujuan utama TPM yaitu zero accident, breakdown, crisis , dan defect. Menurut data pada PT…
Pada beberapa dekade terakhir minuman energi menjadi salah satu gaya hidup sehari hari bagi remaja dan dewasa muda. Hal ini disebabkan karena tuntutan terhadap tersedianya sumber energi tinggi yang dapat dengan cepat digunakan oleh tubuh. Salah satu produk energy drink yang cukup terkenal di Indonesia adalah “KuBim” yang diproduksi oleh perusahaan jamu terkenal “PT. SM”. Pada kenya…
Seiring dengan bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, pasar multivitamin di Indonesia pun mengalami pertumbuhan. Menyadari pertumbuhan tersebut maka pada tahun 2016, PT. Darya-Varia Laboratoria, Tbk meluncurkankan produk baru yaitu Enervon Active. Di tahun ketiga setelah peluncurannya yaitu di tahun 2018, terjadi rasionalisasi terhadap beberapa Stock Keeping Unit (SKU) En…