ABSTRAKrnrnrnrn(A) TIAR WULANDARI (2001210155)rnrn(B) POLA PERESEPAN DAN PELAYANAN OBAT DI APOTEK KOTA DEPOKrnrn(C) ix + 82 halaman; 2006; 7 tabel; 6 gambar; 15 lampiran.rnrn(D) Kata kunci: resep, apotek, indikator penggunaan obat, Depok.rnrn(E) Apotek merupakan sarana pelayanan kesehatan yang berkewajiban untuk menyalurkan perbekalan farmasi yang dibutuhkan masyarakat. Apotek diharapkan da…
Edukasi adalah suatu kegiatan atau usaha untuk meyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok, atau individu. Apotek Fattima Farma memiliki rata rata pengguna obat swamedikasi sebanyak 80% dan belum semua mendapatkan Pemberian Informasi Obat (PIO) karena keterbatasan waktu dan jumlah sumber daya manusia di apotek, sehingga membutuhkan strategi untuk meningkatkan pemahaman konsumen…
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Apotek Jaya Medika memiliki rata-rata penjualan pada tahun 2022-2023 tidak naik signifikan dalam penjualan di apotek, sehingga membutuhkan strategi lain untuk meningkatkan omset. Apotek Jaya Medika perlu mengoptimalkan penjualan dengan menggunakan sosial media marketing. Melalui sosial media m…
Apotek merupakan fasilitas yang menyediakan layanan kefarmasian di mana apoteker melakukan praktik kefarmasian. Di sisi lain, peningkatan kualitas layanan kesehatan telah menjadi perhatian utama bagi para ahli, profesional, dan praktisi kesehatan.Persepsi konsumen terhadap pelayanan resep yang buruk dapat berdampak buruk, salah satu standar minimal farmasi adalah waktu menunggu.Syarat waktu…
sebuah apotek harus dikelola oleh seorang apoteker yang profesional agar dapat memberikan pelayanan kefarmasian yang profesional. pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. apoteker merupakan sarjana farmasi yang telah lulus sebag…
Pelayanan kefarmasian di apotek di beberapa wilayah Indonesia masih rendah, dan hal ini tidak sebanding dengan pertumbuhan pendirian apotek yang terus meningkat. Empat sub-bidang yang termasuk ke dalam pelayanan kefarmasian, meliputi standar pelayanan obat non resep, pelayanan KIE, standar pelayanan obat resep serta pengelolaan obat di apotek. Penelitian Cross Sectional, dilaksanakan di wil…
Data laporan penjualan obat di Apotek Kimia Farma dalam 3 tahun terakhir menunjukkan adanya penurunan pada kategori Obat Non Resep. Salah satu strategi peningkatan penjualan yang ditempuh oleh Apotek Kimia Farma adalah dengan menerapkan metode Up-selling dan Cross-selling. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh teknik penjualan Up-selling dan Cross-selling obat non resep t…
Metode minmax merupakan metode yang diterapkan oleh Apotek Kimia Farma Balikpapan. Terdapat beberapa kendala pada metode ini yaitu stok kosong, berpangaruh terhadap omset, dan kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh optimalisasi metode minmax terhadap pengelolaan persediaan yang berdampak kepada kepuasan pelanggan, kenaikan omset dan jumlah kunjungan. Metode penelitian men…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada loyalitas konsumen pada apotek online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna apotek online di wilayah DKI Jakarta. Analisis data dilakukan agar dapat mengola…
Pelayanan kesehatan berfokus pada pelayanan obat dan meningkatkan kualitas hidup konsumen (patient oriented) di apotek. Hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan dan citra apotek yang diberikan kepada konsumen. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui hasil dari pelayanan kesehatan. Jumlah apotek yang banyak, membuat konsumen ingin mendapatkan pelayanan k…