Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah pelayanan farmasi. Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. dengan standar minimal yang ditetapkan kementerian kesehatan adalah ≤ 30 menit untuk resep non racikan, sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah ≤ 60 menit. Penelitian yang dilakukan …
Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Indikator penting dalam pelayanan kesehatan adalah waktu tunggu. Waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien, menurunkan kualitas pelayanan, serta berpotensi memperburuk kondisi kesehatan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep ra…
Salah satu standar pelayanan farmasi rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang diperlukan mulai resep diserahkan oleh pasien sampai dengan pasien menerima obat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep obat racik dan non racik pasien JKN di instalasi farmasi Rumah Sakit Prikasih dan membandingkan dengan standar pelayanan…
Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah waktu tunggu pelayanan resep racikan dan non racikan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008 bahwa standar waktu tunggu pelayanan resep racikan adalah ≤ 60 menit, sedangkan untuk resep non racikan adalah ≤ 30 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata waktu tun…