Ekstrak etanol bunga cempaka kuning (Michelia champaca L.) diteliti mempunyai berbagai macam jenis metabolit sekunder antara lain: flavonoid, tannin, alkaloid, dan saponin yang berpotensi sebagai antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol 80% bunga cempaka kuning dan melakukan studi literatur terhadap lima jurnal formulasi sabun cair e…
Flu biasa, salesma atau batuk pilek merupakan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang sangat umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Umumnya penderita mengatasi pilek dengan mengonsumsi obat-obat flu bebas yang ada di pasaran seperti bodrex flu dan batuk, komix dan OBH Kombi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand identity, brand image dan kualitas produk terhadap …
Perkembangan produk kosmetika dan persaingan antara brand yang semakin ketat membuat brand kosmetika diharuskan untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan pembelian produk oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti ilmiah mengenai pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap pembelian ulang produk kosmetika pe…
Data laporan penjualan obat di Apotek Kimia Farma dalam 3 tahun terakhir menunjukkan adanya penurunan pada kategori Obat Non Resep. Salah satu strategi peningkatan penjualan yang ditempuh oleh Apotek Kimia Farma adalah dengan menerapkan metode Up-selling dan Cross-selling. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh teknik penjualan Up-selling dan Cross-selling obat non resep t…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada loyalitas konsumen pada apotek online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna apotek online di wilayah DKI Jakarta. Analisis data dilakukan agar dapat mengola…
Flu biasa, salesma atau batuk pilek merupakan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang sangat umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Umumnya penderita mengatasi pilek dengan mengonsumsi obat-obat flu bebas yang ada di pasaran seperti bodrex flu dan batuk, komix dan OBH Kombi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand identity, brand image dan kualitas produk terhadap …
Faktor halal adalah salah satu faktor penting untuk konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sebuah produk. Apalagi Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam paling banyak di dunia. Karena itu pemerintah mengeluarkan Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, bahwa produk yang beredar di masyarakat belum s…
Di masa pandemi Covid-19, terjadi peningkatan penjualan produk vitamin C. Survei pendahuluan terhadap 57 orang rentang usia 18 – 60 tahun menunjukkan bahwa produk vitamin C oral yang banyak dikonsumsi dosis 500 mg dan pembelian produk vitamin C dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan karakteristik konsumen terhadap prefere…
Natur-E 300 merupakan suplemen vitamin E yang telah dikenal banyak orang dan telah mendapatkan sertifikat halal. Selain itu Natur-E juga telah mendapatkan posisi teratas untuk kategori Vitamin E pada Top Brand Index selama 4 tahun berturut-turut dari tahun 2014 hingga 2017. Berdasarkan informasi tersebut peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang dimilki Natur-E sehingga dapat mempertahanka…
Jumlah Apotek yang terus bertambah membuat persaingan bisnis antar Apotek semakin meningkat, dan berkurangnya jumlah resep mengharuskan Apotek untuk mengoptimalkan strategi bauran pemasaran guna dalam membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Pada penelitian ku…