Pelayanan kefarmasian di Puskesmas berperan penting dalam pelaksanaan upaya kesehatan bagi masyarakat, yaitu pemberian informasi obat untuk mendukung penggunaan obat. Pemberian informasi obat harus jelas agar pasien puas. Kualitas pelayanan kesehatan yang baik apabila dilakukan dengan standar dan menimbulkan kepuasan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien te…
Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan tugas pelayanan dasar yang harus dilaksanakan oleh pemerintah yang pada praktiknya direalisasikan melalui pelayanan rumah sakit. Rumah sakit sebagai Lembaga pelayanan kesehatan harus memiliki ukuran kinerja baik dalam keperluan pelaporan maupun dalam kepentingan penilaian publik. Keberhasilan tersebut dapat dicapai bila menyediakan…
Peningkatan jumlah rumah sakit di DKI Jakarta dari tahun 2018-2020 diiringi dengan peningkatan persaingan antar rumah sakit yang mengharuskan RSU Kartini mengembangkan strategi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien agar dapat bersaing dengan rumah sakit lain. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis konseling Apoteker, ketersediaan obat, dan kualitas pelayanan kefarmasian se…
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Seiring dengan semakin pedulinya masyarakat terhadap kesehatannya, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat atas kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit. Penelitian ini bertujaun untuk menganalisis Pengaruh Kualiatas Pelayanan Kefarm…
Guna mengatasi hipertensi yang telah menjadi masalah Kesehatan masyarakat yang serius, Pemerintah melalui BPJS Kesehatan melakukan pendekatan proaktif. Salah satunya dengan melibatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terutama puskesmas, untuk melakukan upaya promotif dan preventif yang dikenal sebagai Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Tujuan Prolanis adalah mendoron…
Kepuasan pasien adalah hasil penilaian pasien dalam bentuk respon emosional atas terpenuhinya harapan dalam menerima dan menggunakan pelayanan yang diberikan petugas kesehatan. Kepuasan pasien merupakan indikator kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada pasien sehingga pasien yang puas akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan tersebut pada saat membutuhkannya kemba…
Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan konsumen juga dapat menjadi tolak ukur bagi kelangsungan apotek, semakin baik pelayanan yang diberikan akan menarik konsumen untuk menjadikan konsumen loyal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan …
(A) FAZHRINA CAHYANI (2019135001) (B) KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK NMW DEPOK (C) xii + 40 halaman; 5 tabel; 6 gambar; 4 lampiran (D) Kata Kunci: Kuisioner, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian. (E) Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan layanan kefarmasian. Pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberi…
Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai layanan profesional dari mutu pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Barokah Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan : Kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bentuk fisik atau wujud. Meto…
Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan konsumen juga dapat menjadi tolak ukur bagi kelangsungan apotek, semakin baik pelayanan yang diberikan akan menarik konsumen untuk menjadikan konsumen loyal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan …