Art Original
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENILAIAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA DAMPAKNYA PADA PEMBELIAN KEMBALI RESEP DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT XYZ
Instalasi farmasi adalah bagian dari revenue center rumah sakit, maka salah satu
upaya yang dilakukan pihak rumah sakit dengan meningkatkan kualitas pelayanan, salah
satunya adalah di bagian instalasi farmasi. Instalasi farmasi dituntut untuk memberikan
pelayanan yang cepat, tepat, dan teliti sehingga dapat memuaskan pasien. Sedikitnya
jumlah yang menebus resep obat ke apotek instalasi farmasi dan juga adanya selisih antara
jumlah kunjungan pasien rawat jalan dengan jumlah pasien rawat jalan yang menebus resep
obat di apotek IFRS XYZ kemungkinan karena ketidakpuasan yang diperoleh pasien atas
pelayanan yang diberikan oleh IFRS.
Oleh karena itu studi ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
dan penilaian pasien terhadap kepuasan pasien serta dampaknya pada pembelian kembali
resep di IFRS XYZ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi adalah pasien umum yang pernah melakukan pembelian dua kali atau
lebih dengan resep di apotek instalasi farmasi rumah sakit XYZ. Data primer diperoleh
melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)
dengan software Smart Partial Least Square (Smart-PLS) versi 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel nilai pesien berpengaruh tidak signifikan
terhadap kepuasan pesien. Variabel kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap
pembelian kembali resep dengan. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap pembelian kembali resep. Variabel nilai pesien berpengaruh tidak signifikan
terhadap pembelian kembali resep.
Tidak tersedia versi lain