This research aims to analyze the influence of brand association, brand image, brand awareness, and brand loyalty on brand equity of telon oil. This research uses a quantitative approach with the sample in the study being women or men aged 25 – 55 years and who have used My Baby telon oil. In carrying out this research, researchers used data analysis methods using the Likert scale measurement…
Instalasi farmasi adalah bagian dari revenue center rumah sakit, maka salah satu upaya yang dilakukan pihak rumah sakit dengan meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya adalah di bagian instalasi farmasi. Instalasi farmasi dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan teliti sehingga dapat memuaskan pasien. Sedikitnya jumlah yang menebus resep obat ke apotek instalasi far…
Faktor halal adalah salah satu faktor penting untuk konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sebuah produk. Apalagi Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam paling banyak di dunia. Karena itu pemerintah mengeluarkan Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, bahwa produk yang beredar di masyarakat belum s…
Pelayanan kesehatan berfokus pada pelayanan obat dan meningkatkan kualitas hidup konsumen (patient oriented) di apotek. Hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan dan citra apotek yang diberikan kepada konsumen. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui hasil dari pelayanan kesehatan. Jumlah apotek yang banyak, membuat konsumen ingin mendapatkan pelayanan k…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan produk kosmetik sehingga perlu diterapkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat menarik minat beli konsumen. Di era digital, mengubah cara pandang dan gaya hidup kaum milenial yang semakin selektif dalam memilih produk kosmetik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari eWOM dan endorser terhadap trust konsum…
Persaingan brand kosmetik di Indonesia dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perusahaan kosmetik 78,34% (2021), peningkatan PDB 9,61% (2021), peningkatan produk kosmetik 53,65% (2022), dan rendahnya tingkat repurchase produk kosmetik. Peluang penerapan digital marketing di media sosial Instagram dengan pengguna 99,15 juta jiwa (35,7% dari total populasi) pada 2022 berpotensi untuk meningkatk…
Situasi pandemi tidak hanya menimbulkan perubahan penanganan kesehatan, namun juga menyebabkan persaingan bisnis di bidang kefarmasian. Perkembangan teknologi informasi dimanfaatkan dalam pelayanan farmasi seperti telemedicine. Rumah sakit X adalah salah satu rumah sakit yang menerapkan layanan telemedicine sejak tahun 2020. Penerapan layanan telemedicine adalah salah satu cara Rumah Sakit…
Klinik harus memiliki sumber daya yang profesional. Klinik juga memiliki tanggung jawab terhadap kualitas pelayanan yang diberikan terhadap pasien. Persaingan yang terjadi tidak hanya dari sisi teknologi pemeriksaan, akan tetapi persaingan yang lebih berat yaitu persaingan dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sumber day…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce dan kualitas produk Emina terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas konsumen produk Emina. Sebanyak 155 responden yang berusia 13 – 50 tahun yang pernah menggunakan produk Emina dan pernah membeli produk Emina melalui situs e-commerce minimal satu kali dalam enam bulan terakhir. Pada penelitian ini anal…