Art Original
PENGARUH LABEL HALAL, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA MINAT BELI ULANG PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH X DI JABODETABEK DAN SURABAYA
Faktor halal adalah salah satu faktor penting untuk konsumen dalam melakukan
keputusan pembelian sebuah produk. Apalagi Indonesia adalah salah satu negara
dengan jumlah penduduk beragama Islam paling banyak di dunia. Karena itu
pemerintah mengeluarkan Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, bahwa produk yang beredar di
masyarakat belum semua terjamin kehalalannya. Sabun Pembersih Wajah X salah
satu produk yang telah mendapatkan sertifikat halal dan mendapatkan Top Brand
Award selama 3 tahun berturut-turut (2020-2022) dengan posisi pertama untuk
kategori sabun pembersih wajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
ada pengaruh label halal, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian
dan apakah ada dampaknya pada minat beli ulang pada produk sabun pembersih
wajah X. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif, pengumpulan data melalui
kuesioner. Analisis data menggunakan teknik SEM (Structural Equation
Modelling). Jumlah responden sebanyak 235 orang yang pernah membeli dan
menggunakan produk Sabun Pembersih Wajah X selama 6 bulan terakhir. Analisis
data menunjukkan bahwa label halal, harga, dan kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk Sabun Pembersih Wajah X, namun tidak
semua berpengaruh pada minat beli ulang konsumen. Artinya dengan adanya label
halal, harga yang terjangkau, serta kualitas produk yang baik dari Sabun Pembersih
Wajah X menjadi faktor yang menentukan untuk konsumen melakukan pembelian
produk, namun belum tentu ada minat beli ulang dari konsumen. Label halal, harga
dan kualitas produk dapat dijadikan faktor penentu oleh perusahaan, namun untuk
minat beli ulang konsumen masih perlu upaya untuk mencari lebih dalam lagi
terkait faktor apa saja yang menjadi penentu.
Tidak tersedia versi lain