Text
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien Umum Yang Berdampak Kepada Berkunjung Kembali Di Klinik Andilia Kabupaten Bogor
Klinik harus memiliki sumber daya yang profesional. Klinik juga memiliki tanggung
jawab terhadap kualitas pelayanan yang diberikan terhadap pasien. Persaingan yang
terjadi tidak hanya dari sisi teknologi pemeriksaan, akan tetapi persaingan yang lebih
berat yaitu persaingan dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien yang berdampak kepada berkunjung
kembali di klinik Andilia Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
teknik probability sampling yaitu pasien umum yang berobat di klinik Andilia Kabupaten
Bogor dan yang telah memenuhi kriteria inklusi, berjumlah dua ratus dua puluh lima
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling
(SEM). Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber daya manusia
(SDM) dan kualitas pelayanan variabel intervening dalam penelitian ini yaitu kepuasan
pasien. variabel dependen dalam penelitian ini yaitu minat berkunjung kembali. Hasil
penelitian menunjukkan adanya pengaruh kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien yang berdampak kepada berkunjung
kembali di klinik Andilia Kabupaten Bogor.
Tidak tersedia versi lain