Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah pelayanan farmasi. Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. dengan standar minimal yang ditetapkan kementerian kesehatan adalah ≤ 30 menit untuk resep non racikan, sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah ≤ 60 menit. Penelitian yang dilakukan …
Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah ≥ 140 mmHg / 90 mmHg pada dinding pembuluh darah arteri. Tekanan darah merupakan tenaga yang digunakan untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dimana keadaan tersebut dapat mengakibatkan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke s…
Pengelolaan sediaan farmasi bertujuan untuk memastikan ketersediaan obat maupun BMHP. Penyediaan tersebut dilakukan berdasarkan acuan dari Formularium klinik. Berdasarkan hasil observasi di Instalasi Farmasi Klinik Pratama X di Kecamatan Coblong Kota Bandung terdapat sebesar 5% item obat tidak terlayani dari total keseluruhan pada periode September – Desember 2023. Tujuan dari penelitian …
Pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit merupakan bagian penting dalam pelayanan kesehatan. Salah satu indicator mutu pelayanan kefarmasian adalah tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi. Salah satu kategori SPM adalah waktu tunggu pelayanan resep. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan dispensing resep racikan dan non racikan sampai penyerahan obat demi…
Diabetes melitus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai dengan kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Penyakit ini merupakan suatu ancaman bagi kesehatan manusia didunia. Sering dengan perubahan gaya hidup, angka kesakitan dan kematian akibat diabtes melitus terus meningkat setiap tahunnya Diabetes melitus salah satu penyakit kronis yang membutuhkan terapi jan…
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas berperan penting dalam pelaksanaan upaya kesehatan bagi masyarakat, yaitu pemberian informasi obat untuk mendukung penggunaan obat. Pemberian informasi obat harus jelas agar pasien puas. Kualitas pelayanan kesehatan yang baik apabila dilakukan dengan standar dan menimbulkan kepuasan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien te…
Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) adalah layanan fungsional oleh apoteker yang melakukan pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Salah satu faktor penting dalam pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi adalah waktu tunggu layanan resep, sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit. Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK 02.02/I/1828/2019 menyatakan…
Pengkajian resep merupakan aspek yang penting dalam peresepan, karena dapat membantu mengurangi kejadian yang dapat merugikan atau membahayakan pasien. Sehingga perlu dilakukan pengamatan terhadap evaluasi kesesuaian resep berdasarkan aspek administrasi dan aspek farmasetik untuk mencegah terjadinya kesalahan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan resep di Farmasi…