Apotek merupakan fasilitas yang menyediakan layanan kefarmasian di mana apoteker melakukan praktik kefarmasian. Di sisi lain, peningkatan kualitas layanan kesehatan telah menjadi perhatian utama bagi para ahli, profesional, dan praktisi kesehatan.Persepsi konsumen terhadap pelayanan resep yang buruk dapat berdampak buruk, salah satu standar minimal farmasi adalah waktu menunggu.Syarat waktu…
Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah pelayanan farmasi. Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. dengan standar minimal yang ditetapkan kementerian kesehatan adalah ≤ 30 menit untuk resep non racikan, sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah ≤ 60 menit. Penelitian yang dilakukan …
Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Indikator penting dalam pelayanan kesehatan adalah waktu tunggu. Waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien, menurunkan kualitas pelayanan, serta berpotensi memperburuk kondisi kesehatan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep ra…
Salah satu standar pelayanan farmasi rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang diperlukan mulai resep diserahkan oleh pasien sampai dengan pasien menerima obat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep obat racik dan non racik pasien JKN di instalasi farmasi Rumah Sakit Prikasih dan membandingkan dengan standar pelayanan…
Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah waktu tunggu pelayanan resep racikan dan non racikan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008 bahwa standar waktu tunggu pelayanan resep racikan adalah ≤ 60 menit, sedangkan untuk resep non racikan adalah ≤ 30 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata waktu tun…
Pelayanan resep merupakan bagian dari pelayanan kefarmasian di apotek. Sebelum dilayani, resep harus dikaji terlebih dahulu berdasarkan aspek kajian resep menurut Peraturan Menteri Kesehatan No 73 tahun 2016 untuk menghindari terjadinya kesalahan pengobatan yang dapat membahayakan keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan resep meliputi kajian administrasi, …
Menurut Permenkes No 73 Tahun 2016 apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Pelayanan resep sebagai garis depan pelayanan farmasi kepada pasien harus dikelola dengan baik, karena mutu pelayanan resep farmasi yang umumnya dikaitkan dengan kecepatan dalam memberikan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingk…
Waktu tunggu pelayanan resep mencerminkan suatu proses kerja dari tenaga farmasi dalam melakukan pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan resep obat berdasarkan waktu tunggu di Apotek Kimia Farma 267 Bintaro pada bulan Mei tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif …