Apotek merupakan usaha di bidang farmasi yang mempunyai dua profil yaitu sebagai sebuah unit pelayanan kesehatan dan institusi bisnis. Apotek harus mempunyai sistem pengelolaan persediaan yang profesional, persediaan yang ada harus dapat menunjang fungsinya sebagai unit pelayanan kesehatan dengan menyediakan obat yang aman, mutu terjamin, dan mendorong pemakaian obat yang rasional. Kesadaran so…
Apotek merupakan fasilitas yang menyediakan layanan kefarmasian di mana apoteker melakukan praktik kefarmasian. Di sisi lain, peningkatan kualitas layanan kesehatan telah menjadi perhatian utama bagi para ahli, profesional, dan praktisi kesehatan.Persepsi konsumen terhadap pelayanan resep yang buruk dapat berdampak buruk, salah satu standar minimal farmasi adalah waktu menunggu.Syarat waktu…
Pelayanan kefarmasian di apotek di beberapa wilayah Indonesia masih rendah, dan hal ini tidak sebanding dengan pertumbuhan pendirian apotek yang terus meningkat. Empat sub-bidang yang termasuk ke dalam pelayanan kefarmasian, meliputi standar pelayanan obat non resep, pelayanan KIE, standar pelayanan obat resep serta pengelolaan obat di apotek. Penelitian Cross Sectional, dilaksanakan di wil…
Pelayanan kesehatan diberikan secara komprehensif di RSUD Pasar Minggu sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang juga mengalami pasang surut dalam upaya kemandirian akibat pengaruh kondisi pandemi kemarin. Penurunan jumlah pasien umum rawat jalan yang berobat dan jumlah resep yang ditebus di Instalasi farmasi dalam kurun waktu tahun 2022 dan 2023 berdampak terhadap pendapatan rumah saki…
Instalasi farmasi adalah bagian dari revenue center rumah sakit, maka salah satu upaya yang dilakukan pihak rumah sakit dengan meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya adalah di bagian instalasi farmasi. Instalasi farmasi dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan teliti sehingga dapat memuaskan pasien. Sedikitnya jumlah yang menebus resep obat ke apotek instalasi far…
Rumah sakit merupakan fasilitas medis yang menyediakan layanan medis yang komprehensif. Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup pasien. Pelaksanaan SIM Farmasi bertujuan untuk memberikan keefektifan dan efisiensi dalam melakukan pelayanan kefarmasian. HOT Fit model merupakan salah satu instrumen penilaia…
Salah satu pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit adalah instalasi farmasi, adapun pengertian dari Instalasi farmasi adalah unit pelaksana fungsional yang menyelenggarakan seluruh kegiatan pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit. Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil y…
Pelayanan kesehatan berfokus pada pelayanan obat dan meningkatkan kualitas hidup konsumen (patient oriented) di apotek. Hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan dan citra apotek yang diberikan kepada konsumen. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui hasil dari pelayanan kesehatan. Jumlah apotek yang banyak, membuat konsumen ingin mendapatkan pelayanan k…
Rumah sakit mempunyai peranan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan unit gawat darurat. Salah satu cara untuk mengukur mutu jasa pelayanan dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien …
Waktu tunggu pelayanan resep dapat mencerminkan proses kerja tentang memberikan pelayanan yang sesuai dengan situasi dan harapan pasien, Dalam memberikan pelayanan kefarmasian harus bisa mengoptimalkan waktu tunggu pelayanan obat racikan dan obat jadi. Studi ini bertujuan untuk mengukur waktu pelayanan resep berdasarkan jenis resep obat racikan dan non racikan di apotek. Dalam studi ini ap…