Text
ANALISIS KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI DI RS AMIRA PURWAKARTA
ANALISIS KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI DI RS AMIRA PURWAKARTA
ABSTRAK
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan sejak 2014 telah membuat jumlah pasien di rumah sakit, termasuk RS Amira Purwakarta, meningkat tinggi. Peningkatan akan berlanjut seiring pencapaian cakupan semesta JKN pada 2019 ini harus diantisipasi dengan perencanaan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) yang memadai guna memastikan tercapainya kualitas pelayanan kesehatan minimum. Untuk menghitung jumlah keperluan SDM dilakukan dengan metode WISN (Work Load Indikator Staff Need) dan analisis kualitas pelayanan farmasi menggunakan metode wawancara dan survei. Hasil penelitian menunjukkan masih kurangnya personel, yaitu 1 tenaga administrasi dan 3 tenaga teknis kefarmasian (TTK) dan penambahan kebutuhan SDM diharapkan akan memperbaiki kualitas pelayanan kefarmasian. Menurut kepala IFRS dapat dilakukan dengan pelatihan teknis kepada karyawan, pembenahan dan penambahan fasilitas fisik, perluasan area instalasi farmasi dan sistem distribusi terdesentralisasi, dan Evaluasi SOP, serta Evaluasi Penerapan Formularium.
Kata kunci: Jumlah SDM, WISN, beban kerja, kepuasan, kualitas pelayanan
Tidak tersedia versi lain