Text
ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TENTANG KONSEP APOTEK MODERN SERTA STRATEGI PEMASARANNYA
ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TENTANG KONSEP APOTEK MODERN SERTA STRATEGI PEMASARANNYA
ABSTRAK
Apotek sebagai jenis sarana distribusi utama masih banyak diminati oleh para investor. Namun, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan dampak turunnya omzet pada beberapa apotek konvensional sehingga banyak apotek yang tutup, hanya apotek jejaring seperti Kimia Farma, Century, Guardian, K-24 dan Watson yang masih bisa bertahan di era JKN. Apotek dengan konsep modern diharapkan bisa menjadi exit strategy dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep apotek modern sesuai persepsi warga di provinsi DKI Jakarta serta strategi pemasarannya menggunakan konsep bauran pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan mewawancarai 100 responden yang pernah berkunjung ke apotek menggunakan kuesioner. Data hasil wawancara dianalisis secara sederhana mengenai mean, median, modus menggunakan software statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep apotek modern yang dapat diterima oleh masyarakat provinsi DKI Jakarta adalah apotek yang menjual produk lengkap, halal, aman, dan berkualitas, harga setara dengan apotek konvensional, lokasi dekat dengan perumahan atau perkantoran, karyawan ramah, proses pelayanan cepat dan mudah, sering melakukan promosi dan bakti sosial serta memiliki ruang tunggu yang luas dan nyaman. Strategi pemasaran yang tepat untuk apotek modern adalah dengan mengedepankan pelayanan yang prima dan melakukan promosi yang gencar pada media online serta bekerja sama dengan kantor-kantor swasta, pemerintah dan universitas-universitas yang ada di provinsi DKI Jakarta.
Kata kunci : Apotek Modern, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran
Tidak tersedia versi lain