Text
ANALISA PENERIMAAN MASYARAKAT UNTUK APOTEK HERBAL DAN STRATEGI PEMASARANNYA DI KOTA BEKASI
ANALISA PENERIMAAN MASYARAKAT UNTUK APOTEK HERBAL
DAN STRATEGI PEMASARANNYA DI KOTA BEKASI
ABSTRAK
Konsep kembali ke alam semakin marak dilakukan oleh masyarakat dunia dengan
membawa perubahan pada pola konsumsi obat yang terbuat dari bahan
alami, namun masyarakat tidak mudah percaya pada tempat yang melayani obat
herbal. Sebagian besar apotek menjual kebutuhan herbal hanya segmen besar,
belum ada apotek yang melayani kebutuhan khusus herbal. Konsep apotek herbal
dipilih karena dapat dipercaya menyediakan produk kesehatan original dan
berkhasiat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kemungkinan kebutuhan
khusus produk herbal dapat berkembang atau tidak di kota Bekasi. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan menyebarkan kuesioner
kepada 100 responden terdiri dari 80 pengunjung apotek konvensional dan 20
pengunjung toko obat herbal pada bulan Desember 2017 sampai dengan Maret
2018 kemudian hasilnya diolah menggunakan software SPSS versi 24 dan dengan
basic statistic. Hasil pengolahan data tersebut dapat menunjukkan hasil
penerimaan masyarakat khususnya di kota Bekasi terhadap konsep baru apotek
herbal ditinjau dari aspek bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price,
Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence. Dari hasil penerimaan
masyarakat tersebut kemudian dilakukan analisis untuk diketahui apakah konsep
apotek herbal dapat dikembangkan di kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa apotek herbal belum dapat diterima oleh masyarakat di sekitar wilayah
kota Bekasi namun terdapat peluang bisnis konsep baru apotek herbal di kota
Bekasi. Strategi pemasaran apotek herbal di sekitar wilayah kota Bekasi yaitu
dengan menerapkan sistem promosi apotek herbal melalui penyuluhan, promosi
secara gencar melalui iklan di media online dan menyediakan produk obat dan
vitamin herbal secara lengkap sesuai jenis penyakit terbanyak di kota Bekasi
dengan sediaan dan golongan obat herbal yang tepat.
Kata kunci: Apotek herbal, bauran pemasaran, penerimaan masyarakat
Tidak tersedia versi lain