Text
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RANAP BERDASARKAN STANDAR IKM dan PROFITABILITAS PADA RSUD dr. CHASBULLAH A.M dan RS XX DI KOTA BEKASI
ANALISIS KUALITATIF PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RANAP BERDASARKAN STANDAR IKM dan PROFITABILITAS PADA RSUD dr. CHASBULLAH A.M dan RS XX di KOTA BEKASI
ABSTRAK
Latar bekang penalitian mengetahui penyebab ketidak puasan pasien rawat inap yang sesuai standar pelayanan minimum yang dipersyaratkan oleh Kemenkes Nomor 129 tahun 2008, anggapan masyarakat bahwa pelayanan rumah sakit swasta lebih baik dari pelayanan rumah sakit pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan standar indek kepuasan masyarakat (IKM) yang diatur dalam standar pelayanan minimal antara RSUD dr. Chasbullah A.M , RS XX sebagai kompetitor dan melihat tingkat kepuasan pasien rawat inap BPJS 3. Selain itu juga melihat adakah pengaruh tingkat kepuasan dengan profitabilitas di kedua rumah sakit di Kota Bekasi.
Menurut Tjiptono, Fandy salah satu mengukur kepuasan konsumen dengan metode survei kepuasan pelanggan (pasien rawat inap) yaitu dengan pertanyaan yang diajukan menyangkut dua hal utama : kualitas pelayanan dan tingkat harapan.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan indek kepuasa masyarakat di kedua rumah sakit Kota Bekasi sama Baik (62,51 - 81,25) ; RSUD dr. Chasbullah A.M (75,00), RS XX (75,61) begitu juga dengan pasien rawat inap BPJS 3 (73,42).
RS XX tingkat kepuasan pasien rawat inap tidak berpengaruh dengan profitabilitas : t uji NPM (-0.250), t uji ROE (1.507), dan RSUD dr Chasbullah kepuasan tidak berpengaruh dengan profitabilitas : uji t NPM (-0,957), uji t ROE (-0,147). Dari karakteristik responden RSUD dr Chasbullah cara pembayaran pasien terbesar BPJS 3 (31,33%), BPJS 1 (24%) dan BPJS 2 (16,67%) sedang RS XX terbesar cara pembayaran pasien asuransi (26,67%), BPJS 2 (24,67%) dan BPJS 1 (22,67%). Dilihat dari data responden tersebut RS XX melayani pasien rawat inap BPJS keseluruhan 47,34% sedangkan RSUD dr Chasbullah A.M melayani pasien rawat inap BPJS keseluruhan 72%.
Kata Kunci : Indek kepuasan masyarakat, kinerja, kepuasan, pasien rawat inap profitabilias, Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE)
Tidak tersedia versi lain