Text
PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DALAM PELAKSANAAN JKN RSUD TARAKAN JAKARTA PUSAT PERIODE JANUARI-DESEMBER 2015
ABSTRAKrn(A) DINI SESHA MULANI (2012210091)rn(B) PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DALAM PELAKSANAAN JKN RSUD TARAKAN JAKARTA PUSAT PERIODE JANUARI-DESEMBER 2015rn(C) xiii + halaman 128; 11 tabel, 6 gambar, 5 lampiranrn(D) Kata kunci : Persepsi, Rawat jalan, Penyakit kronik Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Jakarta Pusat, JKNrn(E) Pelayanan kefarmasian dalam JKN saat ini mulai bergerak menjadi fungsi yang lebih luas yaitu menjadi konsep Pharmacutical care. JKN adalah asuransi kesehatan untuk warga negara agar dapat hidup produktif, sehat, dan sejahtera. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan sangat mempengaruhi persepsi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi pasien rawat jalan pengguna BPJS dan pasien umum RSUD Tarakan Jakarta bahwa parameter kualitas pelayanan mempengaruhi pelaksanaan JKN dan ke lima aspek penilaian yang didapat dari hasil pembagian kuisioner dengan metode SERVQUAL (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty), elemen mana yang memiliki persepsi positif dan persepsi negatif. Penelitian dengan desain Cross sectional ini memiliki sampel 249 orang yang diambil secara Systematic Random Sampling dari populasi sebanyak 75000 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Tarakan Jakarta menunjukkan persepsi positif pada aspek tangibles, responsiveness, assurance, emphaty. Namun pada aspek reliability (waktu tunggu dan ketersediaan obat) memiliki persepsi yang negatif, untuk itu perlu mendapat perhatian untuk tindakan perbaikan. Hubungan antara persepsi dengan harapan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian dalam pelaksanaan JKN (p>0,05) tidak terdapat hubungan yang signifikan dan dikatakan bahwa parameter-parameter tersebut dapat diterima pasien dan mempengaruhi pelayanan kefarmasian era JKN menjadi lebih baik lagi.rn(F) Daftar Rujukan: 37 buah (1985-2015)rn(G) Dr. Yusi Anggriani, M.Kes.,Apt.; Nanang Erlana, S.Farm., Aptrn(H) 2016
Tidak tersedia versi lain