Art Original
PENGARUH IMPLEMENTASI PERMENKES NO. 72 TAHUN 2016 TERHADAP PENGELOLAAN SEDIAAN FARMASI DAN PERAN TENAGA KEFARMASIAN PADA MUTU PELAYANAN (PENELITIAN DI RSUD KELAS D DI KOTA BEKASI)
Salah satu pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit adalah instalasi
farmasi, adapun pengertian dari Instalasi farmasi adalah unit pelaksana
fungsional yang menyelenggarakan seluruh kegiatan pelayanan kefarmasian di
Rumah Sakit. Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan
bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan
maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.
Standar pelayanan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 72
tahun 2016 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian,
menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian, dan melindungi pasien dan
masyarakat dari penggunaan Obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan
pasien (patient safety).
Pengaturan Standar pelayanan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri
Kesehatan No. 72 tahun 2016. meliputi standar pengelolaan sediaan farmasi, alat
kesehatan, dan bahan medis habis pakai serta pelayanan farmasi klinik. Dengan
adanya implementasi Permenkes No. 72 tahun 2016 diharapkan mampu
meningkatkan mutu pelayanan. Faktor yang berperan dalam meningkatkan mutu
pelayanan diantaranya adalah pengelolaan sediaan farmasi dan peran tenaga
kefarmasian.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
survey. Populasi pada penelitian ini adalah pengelola sediaan farmasi dan pasien
yang datang ke RSUD Kelas D Bantar Gebang, Jatisampurna dan Pondok gede.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh implementasi permenkes 72
tahun 2016 terhadap mutu pelayanan farmasi di RSUD Kelas D di Kota Bekasi,
dengan dilibatkannya tenaga kefarmasian dalam pengelolaan sediaan farmasi dari
proses pemilihan, perencanaan kebutuhan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan,
pendistribusian, pemusnahan dan penarikan, pengendalian, dan administrasi. Ada
pengaruh pengelolaan sediaan farmasi terhadap mutu pelayanan farmasi di RSUD
Kelas D di Kota Bekasi, terlihat dari dimensi keyakinan dan empati yang
memenuhi harapan di RSUD Kelas D Jatisampurna
Tidak tersedia versi lain