Text
Eksplorasi Potensi Pelayanan Kefarmasian Online Apotek X Jatiwaringin Bekasi Berbasis Blue Ocean Strategy (Bos)
Salah satu dampak perkembangan teknologi informasi dan munculnya pandemi
covid-19 adalah munculnya berbagai platform digital dalam layanan kesehatan,
termasuk layanan farmasi. Model bisnis berubah total dan berdampak pada
pentingnya penyesuaian strategi bisnis farmasi yang relevan. Apotek X
Jatiwaringin Bekasi termasuk salah satu unit bisnis farmasi yang mengalami
dinamika dampak dari teknologi informasi dan adanya pandemi covid-19 pada
kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis yang
sesuai untuk optimalisasi pengembangan kinerja melalui layanan Apotek X
Jatiwaringin Bekasi dengan menggunakan pendekatan Blue Ocean Startegy.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jumlah informan
sebanyak 7 orang (1 orang pemilik sekaligus pengelolah apotek, 4 orang staf
apotek dan 2 orang pelanggan). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
semi terstruktur serta dilengkapi dengan data pengamatan di lapangan dan laporan
kinerja Apotek. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT dengan pendekatan
Blue Ocean Strategy. Analisis SWOT dan kerangka kerja empat langkah
menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy menyimpulkan bahwa tidak ada
faktor yang perlu dihapus, karena semua faktor yang ada di Apotek X Jatiwaringin
Bekasi saat ini diperlukan. Faktor yang harus ditingkatkan mencakup kualitas
layanan, kelengkapan dan ketersediaan produk, serta layanan konsultasi yang
telah dijalankan. Harga produk menjadi faktor yang perlu diturunkan khususnya
untuk obat-obat fast moving karena banyak konsumen dan menjadi salah satu
produk andalan Apotek. Sementara itu faktor yang harus diciptakan adalah sistem
informasi, kerja sama atau bergabung dengan platform digital, metode
pembayaran online, sistem inventori, dan program promosi yang lebih beragam
dan promosi berbasis digital.
Tidak tersedia versi lain