Text
Analisis Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Apotek Dan Meningkatkan Omzet Pada Masa Pandemi Covid 19
Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisa Strategi Dalam Menjalankan
Bisnis Apotek dan Strategi Meningkatkan Omzet Pada Pada Masa Pandemi Covid
19. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kuantitatif dengan desain
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Apotek
Jejaring dan Apotek Konvensional yang seluruhnya tersebar di Kabupaten
Tangerang yang melakukan transaksi di Apotek. Sampel yang digunakan untuk
penelitian ini adalah sebanyak 538 yang diambil secara nonprobability sampling
dengan pendekatan sampling incidental. Data yang dikumpulan yaitu data sosiodemografi
meliputi jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan pada responden di
apotek jejaring dan apotek konvensional. Kemudian data jenis strategi pemasaran
yang digunakan di Apotek, data omzet apotek, data jumlah transaksi apotek. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan strategi pemasaran yang
diterapkan oleh kedua jenis Apotek yaitu terdapat 8 strategi pemasaran apotek
yang sama-sama diterapkan yaitu kehadiran apotek, ketersediaan obat, fasilitas
ruang tunggu yang memadai, fasilitas parkir, apotek melakukan promosi, harga
jual yang terjangkau, apotek melakukan sosialisasi/penyuluhan, penjualan secara
online dan adanya program discount. Adapun kesimpulan yaitu kedua apotek
menggunakan strategi yang sama dan terdapat perbedaan omset diantara kedua
apotek pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Selama masa pandemic covid-19 tahun
2020 terjadi peningkatan penjualan di kedua apotek tersebut.
Tidak tersedia versi lain