Text
Pengaruh Saluran Distribusi, Tenaga Penjualan, Dan Kebijakan Promosi Terhadap Perilaku Konsumer Dalam Membeli Dan Dampaknya Terhadap Volume Penjualan Produk Citrex
Ketatnya persaingan dalam industri farmasi bidang consumer health care
menyebabkan perusahaan saling bersaing dalam menarik konsumen, sehingga
pemilihan saluran distribusi, strategi promosi dan sumber daya manusia yang
berinteraksi langsung dengan konsumen sangat penting untuk meningkatkan
volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
saluran distribusi, tenaga penjualan, dan kebijakan promosi terhadap perilaku
konsumer terhadap volume penjualan produk citrex, dengan harapan dapat
digunakan sebagai masukan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan untuk
mengatasi masalah yang timbul. Responden dalam penelitian sebanyak 100 apotek
yang tersebar di Jakarta dengan desain penelitian deskriptif dan verifikatif yang
dilaksanakan melalui pengumpulan data kuesioner di apotek pada bulan
September-Oktober 2020. Analisis data menggunakan analisis Structural
Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan promosi
tidak memberikan pengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai critical
ration (CR) sebesar 0,581, sedangan saluran distribusi dan tenaga penjualan
memberikan pengaruh positif dengan nilai critical ration (CR) masing-masing
sebesar 3,129 dan 1,980. Kebijakan promosi merupakan bagian terlemah dalam
meningkatkan volume penjualan, perluanya upaya untuk mendesain rencana
promosi yang lebih tepat sasaran yang bias membangun brand equity dan
membangun brand awareness.
Tidak tersedia versi lain