Text
Analisis Kinerja Apotek Dari Perspektif Perspektif Keuangan Dan Pelanggan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Kota Makassar Sulawesi Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana kinerja apotek dalam era JKN dari
perspektif keuangan yaitu, net profit margin. Perspektif pelanggan yaitu kualitas
pelayanan apotek dalam hal ini bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan
empati di apotek di kota Makassar terhadap kepuasan pelanggan apotek. Serta omset
apotek dan jumlah kunjungan pelanggan ke apotek. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dan kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 apotek non JKN dan 5 apotek
JKN serta 388 pelanggan apotek non JKN dan 99 pelanggan apotek JKN. Hasil penelitian
menunjukan terdapat 35 apotek yang belum sesuai dengan standar dari nilai net profit
margin tahun 2018. Terdapat 34 apotek yang mengalami penurunan omset apotek tahun
2018 atas tahun 2013 serta 31 apotek yang mengalami penurunan jumlah kunjungan
pelanggan apotek pada tahun 2018 atas tahun 2013. Kepuasan pelanggan apotek JKN
menunjukan Thitung sebesar 2,687 (> 1,985) dan signifikansinya sebesar 0,009 (>0,05),
sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan apotek berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan apotek JKN di kota Makassar. Sedangkan untuk apotek non JKN dari
hasil perhitugan menunjukan Thitung sebesar 2,130 (> 1,985) dan signifikansinya sebesar
0,036 (>0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan apotek
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan apotek non JKN di kota Makassar.
Tidak tersedia versi lain