Text
Pengaruh Kualiatas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Non Bpjs Serta Dampak Terhadap Manajemen Obat Di Rs Rxtu
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada
pasien untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Seiring dengan semakin pedulinya
masyarakat terhadap kesehatannya, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat atas kualitas
pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit. Penelitian ini bertujaun
untuk menganalisis Pengaruh Kualiatas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan
Pasien Rawat Jalan Non BPJS Serta Dampak Terhadap Manajemen Obat Di Rumah Sakit
Daerah Kuningan Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survei. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan teknik
Accidental Sampling pada pasien non-BPJS di Rumah Sakit RXTU daerah kuningan jawa
barat. Data sekunder merupakan data laporan dan data primer menggunakan kuesioner
yang telah divalidasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan
analisa data statistik hasil penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Analisa data didasarkan pada 100 kuesioner yang terisi lengkap. Hasil temuan dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian berpengaruh langsung
terhadap manajemen obat yaitu 0,59. Untuk pengaruh tidak langsung menghasilkan
temuan bahwa, Kualitas Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan
Non BPJS dan Manajemen Obat yaitu 0,32. Kualitas pelayanan kefarmasian yang efektif
dan kepuasan pasien yang tinggi dapat meningkatkan manajemen obat.
Tidak tersedia versi lain