Text
Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Membeli Produk (Studi Pada Konsumen Energy Drink “kubim” Di Dki Jakarta)
Pada beberapa dekade terakhir minuman energi menjadi salah satu gaya hidup
sehari hari bagi remaja dan dewasa muda. Hal ini disebabkan karena tuntutan
terhadap tersedianya sumber energi tinggi yang dapat dengan cepat digunakan
oleh tubuh. Salah satu produk energy drink yang cukup terkenal di Indonesia
adalah “KuBim” yang diproduksi oleh perusahaan jamu terkenal “PT. SM”. Pada
kenyataanya produk “KuBim” mengalami penurunan di pasar domestik terhitung
dari tahun 2017 – 2018 mencapai 20%, sudut pandang penurunan penjualan
“KuBim” ini hendak dilihat dari sudut pandang konsumen. Salah satu variabel
yang dapat digunakan untuk melihat persepsi konsumen terhadap naik-turunnnya
penjualan suatu produk adalah keputusan membeli (purchase decision) dari
konsumen tentang produk tersebut. Dalam penelitian ini dipilih dua variabel
independen meliputi citra merek dan persepsi kualitas, dengan asumsi variabel
independen tersebut dibuktikan terdapat hubungan positif dengan kepercayaan
dan keputusan membeli. Penelitian ini dilakukan di lima wilayah DKI Jakarta
(Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan)
pada bulan agustus 2019. Sampel yang digunakan sebanyak 200 responden.
Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM), dalam hal
ini Liserel. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Citra Merek berpengaruh terhadap
kepercayaan konsumen terhadap produk KuBim; 2) Kualitas berpengaruh
terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk KuBim; 3) Citra Merek
berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk KuBim; 4) Kualitas
berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk KuBim; 5)
Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk
KuBim; 6) Citra merek dan kualitas dapat menjelaskan 86% varian kepercayaan,
sedangkan sisanya 14 % dijelaskan oleh faktor lain. Citra merek, kualitas dan
kepercayaan dapat menjelaskan 92% varian dari keputusan membeli sedangkan
sisanya 8% dijelaskan oleh faktor lain; dan, 7) Terdapat pengaruh langsung dan
tidak langsung variabel citra merek dan kualitas terhadap keputusan membeli
produk KuBim. Pengaruh tidak langsung yaitu melalui variabel kepercayaan
konsumen terhadap produk Kubim.
Tidak tersedia versi lain