Text
Strategi Bisnis Pt. X Dalam Pengembangan Apotek Jaringannya Di Karawang
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor intenal dan faktor eksternal
PT X, dan menganalisis alternatif strategi bisnis serta menetapkan
implementasi strategi bisnis PT. X dalam mengembangkan apotek jaringannya
di Karawang melalui pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan metode
analisis yang digunakan yaitu, analisis SWOT (Strength, Weaknesses,
Opportunities, and Threat), analisis persaingan bisnis dengan menggunakan
Lima kekuatan persaingan Michael Porter dan QSPM (Quantitative Strategic
Planning Matrix) untuk menentukan strategi terpilih. Data yang digunakan
adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisa SWOT diperoleh
nilai faktor internal dan faktor eksternal masing-masing sebesar (1.23: -0,17)
sehingga posisi perusahaan yang digambarkan dalam diagram SWOT berada
pada kuadran II, yaitu strategi diversifikasi. Berdasarkan hasil analisis SWOT
diperoleh empat alternatif strategi, yaitu (1) Meningkatkan Skill dan jumlah SDM
untuk meningkatkan pelayanan kefarmasian.(2) Meningkatkan promosi apotek
yang menitikberatkan penjualan produk dengan Delivery Order. (3) Menjalin
kerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai apotek rekanan. (4) Meningkatkan
jenis produk dengan harga yang kompetitif.. Berdasarkan analisis QSPM
strategi terpilih dalam perumusan strategi bisnis PT.X adalah meningkatkan
promosi apotek yang menitikberatkan penjualan produk dengan Delivery Order,
dimana strategi ini memiliki nilai TAS tertinggi yaitu sebesar 6.31. Adapun
program yang dapat dijalankan dari stategi terpilih ini yaitu (a) memanfaatkan
penggunaan teknologi dan media sosial untuk melakukan promosi online. (b)
melakukan promosi gratis biaya pengiriman obat kepada konsumen. (c)
melakukan kerjasama dengan aplikasi ojek online.
Tidak tersedia versi lain