Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Perceived Quality Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs-kesehatan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Purwakarta
Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih
Purwakarta, bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pasien, pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap
Perceived Quality dan pengaruh Perceived Quality terhadap Kepuasan
Pasien, serta Gambaran / Kesan pasien terhadap RSUD Bayu Asih,
khususnya pasien BPJS-Kesehatan Rawat Jalan. Kuesioner dengan
pernyataan tertutup sebagai instrument penelitian, dan sebanyak 150
orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian.
Metode SEM ( Structural Equation Modelling ) digunakan sebagai tehnik
analisis data, program SPSS 24 for windows dan AMOS 4.0 digunakan
untuk menganalisis data yang didapatkan setelah penelitian. Penelitian
menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepuasan Pasien, dengan P = 0, 013 ( < 0,05 ) dengan nilai
koefisien sebesar 0,0439. Hal ini berarti semakin tinggi nilai Kualitas
Pelayanan akan mempengaruhi tingginya nilai Kepuasan Pasien. Kualitas
Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan juga terhadap
terhadap Perceived Quality dengan P= 0,000 ( < 0,05 ) dengan nilai
koefisien sebesar 0,926. Hal ini berarti semakin tinggi nilai Kualitas
Pelayanan akan mempengaruhi tingginya nilai Perceived Quality.
Perceived Quality mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Pasien dengan P = 0,002 (< 0,05 ) dengan nilai koesisien
sebesar 0,543. Hal ini berarti semakin tinggi nilai Perceived Quality akan
mempengaruhi tingginya nilai Kepuasan Pasien. Adapun Gambaran /
Kesan pasien cukup baik, memilki nilai sedang, dengan skor rata-rata
3,30, terhadap RSUD Bayu Asih pada kecepatan pelayanan, keramahan
petugas, profesionalisme petugas, fasilitas rawat jalan, ketersediaan dan
kelengkapan alat penunjang diagnosa, ketepatan waktu layanan,
kesesuaian prosedur dan ketepatan pengambilan keputusan petugas.
Karakteristik Pasien berkaitan dengan Kualitas Pelayanan, Perceived
Quality dan Kepuasan Pasien bahwa Responden Perempuan merasa
puas dengan kualitas pelayanan, nilai perceived quality dan kepuasan
pasien tinggi. Responden dengan umur < 40 tahun dan pendidikan
SMA/sederajat memiliki nilai sedang untuk kualitas pelayan, nilai
perceived quality dan kepuasan pasien, artinya cukup berkualitas dan
cukup puas.
Tidak tersedia versi lain