Text
Pengaruh Harga, Promosi Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Enervon Active Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Di Jakarta
Seiring dengan bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat,
pasar multivitamin di Indonesia pun mengalami pertumbuhan. Menyadari
pertumbuhan tersebut maka pada tahun 2016, PT. Darya-Varia Laboratoria, Tbk
meluncurkankan produk baru yaitu Enervon Active. Di tahun ketiga setelah
peluncurannya yaitu di tahun 2018, terjadi rasionalisasi terhadap beberapa Stock
Keeping Unit (SKU) Enervon Active di 2 minimarket terbesar di Indonesia. Hal ini
membuktikan bahwa kondisi persaingan kategori multivitamin semakin ketat, dan
PT. Darya-Varia Laboratoria, Tbk harus mampu bertahan dan terus berkembang,
salah satunya melalui peningkatan strategi pada segi harga dan promosi serta
meningkatkan product knowledge agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian sehingga konsumen memutuskan untuk melakukan
pembelian berulang dan menjadi konsumen yang loyal terhadap Enervon Active.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, promosi serta
product knowledge terhadap keputusan pembelian serta implikasinya terhadap
loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran
kuesioner kepada 201 konsumen Alfamart DKI Jakarta. Metode Structural
Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.70 digunakan sebagai teknik
analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian Enervon Active dengan nilai t yaitu 0,59.
Harga memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t yaitu 2,00.
Promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Enervon Active dengan
nilai t yaitu 2,14. Promosi memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan
nilai t yaitu 2,53. Product Knowledge tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan
pembelian Enervon Active dengan nilai t yaitu 0,88. Product Knowledge memiliki
pengaruh terhadap loyalitas konsumen Enervon Active dengan nilai t yaitu 4,10.
Keputusan pembelian Enervon Active memiliki pengaruh terhadap loyalitas
konsumen dengan nilai t yaitu 1,99.
Tidak tersedia versi lain