Text
Strategi Analisis Pengembangan Produk Di Divisi Research and Development Perusahaan Farmasi Pt. X
Perusahaan farmasi PT. X merupakan salah satu perusahaan farmasi nasional
yang menerapkan strategi generik. Perusahaan Farmasi X tidak hanya berupaya
terhadap produk-produk existing namun juga berupaya untuk mengembangkan
produk generik off patent item baru, sebagai sarana untuk menghadapi persaingan
yang sangat ketat di industri farmasi. Salah satu divisi yang berperan dalam
pengembangan produk generik yaitu divisi Research and Development.
Perusahaan Farmasi PT. X menerapkan salah satu pendekatan penelitian dan
pengembangan
(litbang
) yaitu menjadi peniru inovatif dari produk yang berhasil,
sehingga meminimalkan risiko dan biaya awal. Dalam menjalankan kinerjanya
divisi Research and Development perusahaan farmasi PT. X harus memiliki
strategi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses
pengembangan produk obat. Data yang dianalisis pada divisi R&D perusahaan
farmasi PT. X merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, FGD,
pengamatan, dan studi pustaka. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan
metode SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode
tersebut tersusun perencanaan Strategi yang dapat diterapkan oleh divisi Research
and Development Perusahaan Farmasi PT. X meliputi Reformulasi alur
pengembangan formula di divisi R&D, meningkatkan kompetensi sumber daya
manusia, melengkapi fasilitas di laboratorium R&D dan efisiensi proses produksi
Tidak tersedia versi lain