Text
Pengaruh Efektifitas Penerapan Cara Distribusi Obat Yang Baik (Cdob) Terhadap Tingkat Kepercayaan Yang Berdampak Pada Advokasi Pelanggan Pbf Bina Prima Sejati
PBF dalam melaksanakan pendistribusian obat wajib menerapkan CDOB.
Pedoman CDOB menyatakan dalam penerapan CDOB harus mempunyai SOP.
Penerapan SOP yang cukup baik dapat memberikan pelayanan yang efektif dan
efisien. Pelayanan yang baik akan tumbuh kepercayaan dari konsumen.
Kepercayaan konsumen yang tinggi dapat menumbuhkan loyalitas tinggi sehingga
merekomendasikan produk ke pihak lain dan membela perusahaan (advokasi).
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efekfitas penerapan CDOB di PBF Bina
Prima Sejati dan menguji pengaruh efektifitas penerapan CDOB terhadap
kepercayaan yang berdampak pada advokasi pelanggan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel penelitian adalah 69 apotek
di wilayah Jakarta yang dipilih menggunakan teknik Probability Sampling dengan
pendekatan Proportionate stratified random sampling dan menggunakan
instrumen penelitian berupa lembar observasi dan kuesioner. Data diambil pada
bulan September-November 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan CDOB dengan melihat penerapan 5 SOP yakni Penyaluran Obat ke
Apotek, Penanganan Obat Palsu dan Diduga Palsu, Penanganan Keluhan
Pelanggan, Penanganan Obat Kembalian dan Penanganan Obat Recall memiliki
keefektifan pelaksanaan pada tiap tahapan yakni didominasi
Tidak tersedia versi lain