Text
Gambaran Kepuasan Pasien Jaminan Umum Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Jakarta Periode September - November 2022
Rumah sakit mempunyai peranan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan
kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan,
dan unit gawat darurat. Salah satu cara untuk mengukur mutu jasa pelayanan dengan
mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien
yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien
membandingkan dengan apa yang diharapkan, untuk itu perlu dilakukan pengukuran
kepuasan pasien karena terjadinya penurunan jumlah resep yang ditebus oleh pasien jaminan
umum di Instalasi Farmasi Rumah Sakit “X”. Pasien jaminan umum merupakan pasien yang
bukan peserta BPJS dan bukan peserta suransi dimana pasien membayar biaya pengobatan
sendiri dengan tarif yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui kepuasan
pasien jaminan umum terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit “X”. Penelitian ini
menggunakan metode survey deskriptif yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefaramsian dengan menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitian
diketahui gambaran kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Rumash Sakit “X”.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap dimensi kehandalan (reability) responden menyatakan
puas sebesar 77,63%, dimensi ketanggapan (responsiveness) menyatakan puas sebesar
78,76%, dimensi jaminan (assurance) menyatakan puas sebesar 79,38%, dimensi empati
(empaty) menyatakan sangat puas sebesar 81,13%, dan dimensi bukti fisik (tangiable)
menyatakan sangat puas sebesar 84,95%.
Tidak tersedia versi lain