Text
KARYA TULIS ILMIAH : KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTIK BAROKAH KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES PERIODE 28 MARET 2022 – 28 JUNI 2022
Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai layanan profesional dari
mutu pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana
kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Barokah Kecamatan Sirampog
Kabupaten Brebes berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan : Kehandalan, ketanggapan,
jaminan, empati dan bentuk fisik atau wujud. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang
berkunjung ke Apotek Barokah. Hasil penelitian didapatkan total responden sebanyak 360
responden dengan kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi dengan pengisian kuesioner
oleh responden yang berukunjung ke apotek dengan kategori puas seperti dimensi
kehandalan dengan kategori puas (80,78%), dimensi ketanggapan dengan kategori puas
(80%), pada dimensi jaminan dengan kategori puas (81,44%), dimensi empati dengan
kategori puas (79,47%), dan bukti fisik dengan kategori puas (79,22%). Pasien merasa
harapan sangat penting akan peningkatan pelayanan kefarmasian di Apotek Barokah
Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes agar bisa ditingkatkan.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan informasi obat, Responden
Tidak tersedia versi lain