Program jaminan kesehatan nasional yang mewajibkan seluruh rumah sakit negeri atau swasta diwajibkan harus bisa melayani seluruh pasien yang mengikuti program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) baik pasien rawat jalan maupun rawat inap penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak resep obat di Poli Kesehatan Anak dengan nama dagang mengingat harga obat dengan nama dagang …
Hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana tekanan dalam pembuluh darah terlalu tinggi (140/90 mmHg atau lebih tinggi). Kesesuaian peresepan dengan Formularium Rumah Sakit penting dilakukan karena dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan efisiensi biaya pengobatan serta membantu rumah sakit memahami kebutuhan dan prioritas pengadaan obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui p…
Psikotropika adalah zat atau bahan baku obat, baik alamiah maupun sintetis, yang bukan narkotika, dengan efek psikoaktif melalui pengaruh selektif pada sistem saraf pusat, menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peresepan obat psikotropika poli psikiatri pada pasien BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Mi…
Penyakit, peradangan, atau kerusakan saraf tepi yang menghubungkan sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dengan organ indera, otot, kelenjar, dan organ dalam dikenal sebagai neuropati. Manifestasi klinis neuropati antara lain seperti rasa terbakar, ditusuk, kesetrum, baal, dan tegang pada otot. Neuropati merupakan komplikasi kronis yang paling sering ditemui pada penderita DM…
Kesesuaian peresepan penggunaan Formularium Nasional (Fornas) merupakan salah satu indikator dalam pengendalian mutu Rumah Sakit. Fornas bermanfaat sebagai acuan bagi penulis resep dan mengoptimalkan pelayanan namun masih banyak dokter menulis resep tidak sesuai Fornas. Tujuan penelitian untuk mengetahui persentase kesesuaian peresepan obat pasien BPJS Kesehatan di Poliklinik Penyakit Dala…
Nilai kepercayaan publik menjelaskan mengapa publik menanggapi dengan positif dan juga negatif permasalahan pada sistem pelayanan kefarmasian. Secara efektif kepercayaan sangat penting fungsinya pada sistem pelayanan kefarmasian sehingga dapat menanggapi kebutuhan semua masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti penerimaan publik terhadap pelayanan BPJS berdampak kepercaya…
Data BPJS Kesehatan menunjukkan, penggunaan insulin analog lebih tinggi dibandingkan penggunaan insulin manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Profil Pengobatan, outcome klinis dan biaya antara insulin analog dengan insulin manusia pada pasien DM tipe 2 JKN Rawat Jalan di RSUD Tarakan Jakarta tahun 2015-2016. Penelitian menggunakan metode longitudinal time …
pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien untuk mencapai hasil yang pasti yang dapat meningkatkan mutu kehidupan pasien, dalam menyelenggarakan bpjs di rumah sakit perlu adanya upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di rumah sakit dapat berjalan secara optimal dan meningkatkan kepuasan pasien.
Kepatuhan merupakan tingkat seseorang dalam melaksanakan perawatan, pengobatan dan perilaku yang disarankan oleh perawat, dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Ketidakpatuhan adalah keadaan di mana seorang individu atau kelompok berkeinginan untuk mematuhi, tetapi ada faktor yang menghalangi kepatuhan terhadap nasehat yang berkaitan dengan kesehatan yang diberikan oleh profesional Kesehata…
Pelayanan obat pada fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS harus mengacu pada Formularium Nasional yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Menurut PERMENKES RI No.129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan Rumah Sakit, standar penulisan resep sesuai Formularium adalah 100% sehingga kesesuaian resep dengan Formularium sangat penting karena dapat meningkatkan mutu pelayan…