Text
PENGARUH PENERIMAAN PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKEUP ANAK PADA MILLENIAL MOM (Penelitian di Wilayah DKI Jakarta)
ABSTRAK
Millennial mom memiliki perilaku berbeda dalam berbelanja barang-barang anak, dan penggunaan makeup maka pada anak dianggap sebagai suatu tren. Namun sayangnya saat ini belum tersedia produk makeup khusus anak yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana penerimaan pasar terhadap penggunaan makeup pada anak, untuk selanjutnya diterjemahkan lebih jauh menjadi sebuah konsep strategi pemasaran yang sesuai untuk produk makeup anak tersebut sehingga bisa diterima dengan baik oleh target konsumen yaitu para Millennial mom yang memiliki anak perempuan berusia 3-11 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif verifikatif dengan variabel bebas penerimaan pasar (X1) dan strategi bauran pemasaran (X2), serta variabel terikat minat pembelian (Y). Data diperoleh melalui survey menggunakan kuesioner pada 250 responden millennial mom, yang tinggal di wilayah DKI Jakarta yang selanjutya dianalisis dengan uji korelasi dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pasar produk makeup anak positif dan sudah pada tahap menilai, sehingga berpotensi baik untuk dipasarkan dengan strategi bauran pemasaran yang sesuai dengan target pasar produk makeup anak yaitu anak perempuan usia 3-11 tahun. Penerimaan pasar dan strategi bauran pemasaran baik secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap minat pembelian produk makeup anak.
Kata kunci : penerimaan pasar, strategi bauran pemasaran, minat pembelian, makeup anak, millennial mom
Tidak tersedia versi lain