Text
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN TRANSAKSIONAL DAN PENDEKATAN NLP TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN DOKTER DALAM MEMILIH PRODUK DAN IMPLIKASINYA UNTUK PENULISAN RESEP.
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN TRANSAKSIONAL DAN PENDEKATAN NEURO LINGUISTIC PROGRAM ( NLP ) TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN DOKTER DALAM MEMILIH PRODUK DAN IMPLIKASINYA UNTUK PENULISAN RESEP
ABSTRAK
Minat dianggap sebagai suatu perantara antara faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi perilaku serta mengindikasikan seberapa keras seseorang mempunyai kemauan untuk mencoba. Minat menunjukkan seberapa banyak upaya yang direncanakan seseorang untuk melakukan sesuatu sehingga dapat menghasilkan keputusan. Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan di mana konsumen benar-benar melakukan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat dokter untuk pengambilan keputusan dalam penulisan resep obat di Rumah Sakit adalah pendekatan antara medical representative dengan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dengan pendekatan transaksional dan pendekatan neuro linguistic program ( NLP ) terhadap minat keputusan dokter dalam memilih produk dan implikasinya untuk penulisan resep. Sampel dalam penelitian ini adalah dokter yang bekerja di Rumah Sakit di wilayah Jakarta, berjumlah 80 responden ditentukan dengan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diambil melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan keputusan dokter dalam menulis resep sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebas adalah sales promotion secara transaksional dan sales promotion secara NLP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap minat dokter dalam pengambilan keputusan pada penulisan resep adalah sales promotion secara NLP dengan kontribusi 33,2%, dibanding sales promotion secara transaksional yang hanya 5,3%. Dengan demikian, NLP dapat menjadi pilihan yang baik untuk sales promotion terhadap minat dan keputusan dokter dalam menulis resep.
Kata Kunci: Transaksional, NLP, Minat, Keputusan penulisan Resep.
Tidak tersedia versi lain