Text
PENGARUH PENGALAMAN, KEPERCAYAAN, DAN CITRA TERHADAP LOYALITAS MEREK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PERLUASAN MEREK BODREX FLU DAN BATUK DI JAKARTA TIMUR
PENGARUH PENGALAMAN KEPERCAYAAN DAN CITRA TERHADAP LOYALITAS MEREK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PERLUASAN MEREK BODREX FLU DAN BATUK DI JAKARTA TIMUR ABSTRAK Sektor Farmasi di Indonesia telah tumbuh sebesar 12.5%pertahun, seperti obat resep, obat-obatan Over the Counter (OTC) dan suplemen makanan (gizi dan vitamin) semua mengalami peningkatan penjualan. Bodrex merupakan salah satu jenis obat bebas untuk mengatasi sakit kepala yang sudah sangat di kenal dan di percaya lebih dari 45 tahun oleh masyarakat di Indonesia kemudian produsen berinovasi melakukan perluasan merk dengan meluncurkan Bodrex Flu dan Batuk. Akan tetapi berdasarkan data IMS market share, Bodrex flu dan batuk mengalami penurunan setiap tahunnya yaitu pada tahun 2013 sebesar 1,10 %, tahun 2014 sebesar 0.89 % dan pada tahun 2015 sebesar 0.84 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pengalaman, kepercayaan, citra terhadap loyalitas merek serta dampaknya pada sikap konsumen pada perluasan merek obat flu dan batuk. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian, dan sebanyak 200 responden yang menjadi sampel dalam penelitian. Metode SEM (Structural Equation Modelling) digunakan sebagai teknik analisis data, program SPSS 16 for windows dan Lisrel 8.7 digunakan untuk menganalisis data yang didapatkan setelah penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman, kepercayaan dan citra merek serempak berpengaruh terhadap loyalitas merek sehingga berdampak pada sikap konsumen pada perluasan merek obat flu dan batuk yang memenuhi kriteria Goodness of fit. Secara parsial Pengalaman Merek signifikan berpengaruh terhadap loyalitas yaitu 2,12. Secara parsial Kepercayaan Merek berpengaruh positif terhadap loyalitas karena mempunyai nilai t sebesar 0.97. Secara parsial Citra Merek signifikan berpengaruh terhadap loyalitas merek yaitu sebesar 2,93. Secara parsial Loyalitas signifikan berpengaruh terhadap Sikap Konsumen Pada Perluasan Merek yaitu sebesar 11,11. Kata kunci : Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, Citra Merek Loyalitas Merek, Sikap konsumen pada perluasan merek
Tidak tersedia versi lain