Text
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA BEDAK MARCKS VENUS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA
BEDAK MARCKS VENUS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN
ABSTRAK
Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan di mana
konsumen mengevaluasi dua alternatif atau lebih dan memilih salah satunya. Pada survei
awal yang dilakukan di Apotek Kimia Farma daerah Tangerang ditemukan beberapa alasan
bahwa citra merek, kualitas produk, dan harga bedak Marcks Venus mempengaruhi
keputusan konsumen untuk membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian bedak
Marcks Venus dan dampaknya pada kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini
adalah konsumen yang membeli bedak Marcks Venus di Apotek Kimia Farma daerah
Tangerang, berjumlah 80 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling dan pengambilan jumlah sampel menggunakan metode slovin. Jenis data yang
digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Hasil dari kuesioner dianalisis dengan
SPSS versi 24.00, yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji
analisis regresi. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah keputusan
pembelian dan kepuasan konsumen, sedangkan variabel bebas adalah citra merek, kualitas
produk, dan harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek,
kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian.
Secara parsial citra merek, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan positif
terhadap keputusan pembelian. Semakin meningkatnya harga bedak Marcks Venus sesuai
dengan manfaat yang diperoleh konsumen maka keputusan pembelian akan mengalami
peningkatan. Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan positif terhadap
kepuasan konsumen. Citra merek, kualitas produk, dan harga memiliki kontribusi terhadap
keputusan pembelian konsumen sebesar 57,4%.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen.
Tidak tersedia versi lain