Text
PENGARUH PERSEPSI WANITA MUSLIM GOLONGAN MENENGAH DAN PENGETAHUAN TENTANG KOSMETIK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MELAKUKAN BRAND SWITCHING DENGAN VARIETY-SEEKING BUYING BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI JAKARTA
PENGARUH PERSEPSI WANITA MUSLIM GOLONGAN MENENGAH
DAN PENGETAHUAN TENTANG KOSMETIK HALAL TERHADAP
KEPUTUSAN UNTUK MELAKUKAN BRAND SWITCHING DENGAN
VARIETY-SEEKING BUYING BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL
MODERATING DI JAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi wanita muslim
golongan menengah (X1) dan pengetahuannya tentang kosmetik halal (X2) terhadap
keputusan untuk melakukan brand switching (Y) serta pengaruh variety-seeking
buying behavior dalam memoderasi keputusan untuk melakukan brand switching
(variabel moderating) tersebut. Desain penelitian dengan metode verifikatif dengan
kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive
sampling. Responden yang ditetapkan adalah wanita muslim golongan menengah
yang pernah membeli kosmetik di wilayah Jakarta. Analisis data didasarkan dari 120
kuesioner yang terisi lengkap dan memenuhi kriteria inklusi.
Hasil pengolahan data dengan SEM-PLS menggunakan software WarpPLS
3.0 menunjukkan bahwa variabel persepsi wanita muslim golongan menengah secara
signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan untuk melakukan brand switching
ke kosmetik halal. Begitu pula dengan variabel pengetahuan tentang kosmetik halal
secara signifikan berpengaruh positif. Sementara itu variabel variety-seeking buying
behavior tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh persepsi dan pengetahuan
tentang kosmetik halal terhadap keputusan untuk melakukan brand switching.
Implikasi praktis penelitian ini dapat memberi pemahaman dan masukan bagi
perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran kosmetik halal mengenai variabel
yang berpengaruh signifikan pada konsumen wanita muslim golongan menengah.
Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Kosmetik Halal, Pengetahuan Produk, Keputusan
Pembelian, Brand switching, Variety-seeking buying behavior, Variabel Moderating.
Tidak tersedia versi lain