Text
PENGARUH IMPLEMENTASI UU No.36 TAHUN 2014 (TENTANG TENAGA KESEHATAN), LOKASI SEKOLAH DAN BRAND SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA KELAS 1 DALAM MEMILIH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI
PENGARUH IMPLEMENTASI UU No.36 TAHUN 2014 (TENTANG TENAGA KESEHATAN), LOKASI SEKOLAH DAN BRAND SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA KELAS 1 DALAM MEMILIH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui mengapa, walau wewenang lulusan SMK Farmasi telah dipangkas, masih banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya ke SMK Farmasi di Jakarta. Penelitian ini mengambil teori pemasaran terkait lokasi dan brand sekolah sebagai dasar analisis. Survei menggunakan kuesioner terstruktur dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2017 di tujuh SMKF DKI Jakarta dengan orang tua dari 276 siswa kelas 1 Tahun Ajaran 2017/2018 sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan aplikasi statistik yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi sekolah tidak berpengaruh terhadap keputusan orang tua dalam memilih SMKF. Di sisi lain, implementasi UU No. 36 tahun 2014 (tentang Tenaga Kesehatan), brand sekolah dan gabungan implementasi UU No. 36 tahun 2014 (tentang Tenaga Kesehatan), lokasi dan brand sekolah berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih SMKF. Namun demikian, seluruh variabel yang diteliti hanya menerangkan keputusan orang tua dalam memilih SMKF sebesar 12,6%. Dengan demikian, 87,4% keputusan orang tua dalam memilih SMKF dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak diamati.
Kata kunci : Implementasi UU No. 36 Tahun 2014 (tentang Tenaga Kesehatan), analisis kebijakan, ), Lokasi Sekolah, Brand Sekolah, Keputusan orang tua siswa.
Tidak tersedia versi lain