Text
PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN SUBKULTUR MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI DAN MENGGUNAKAN NUTRASETIKAL DI APOTEK
PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN SUBKULTUR MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI DAN MENGGUNAKAN NUTRASETIKAL DI APOTEK
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh bauran promosi (Iklan, Sales Promotion, Public Relation dan personal selling )(X1) dan Subkultur Masyarakat (X2) terhadap keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan nutrasetikal di apotek (Y). Desain penelitian dengan metode verifikatif dengan kuisioner sebagai instrument penelitian. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Responden yang ditetapkan adalah konsumen yang menggunakan nutrasetikal di 17 Apotek wilayah Depok. Analisis data didasarkan pada 90 kuisioner yang terisi lengkap dan memenuhi kriteria inklusi.
Hasil pengolahan data dengan SPSS 20.0 menunjukan bahwa variabel bauran promosi (Iklan, Sales Promotion, Public Relation) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan nutrasetikal di apotek. Begitu pula dengan variabel Subkultur masyarakat, berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan nutrasetikal di apotek. Dan secara bersama-sama variabel bauran promosi (Iklan, Sales Promotion, Public relation dan Personal Selling) dan subkultur masyarakat berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan nutrasetikal di apotek.
Kata kunci : Bauran promosi, Subkultur masyarakat, Nutrasetikal, Keputusan Konsumen
Tidak tersedia versi lain