Text
PENGARUH PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PROFITABILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Rumah Sakit Juanda Kuningan Jawa Barat)
PENGARUH PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PROFITABILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT
(Studi kasus di Rumah Sakit Juanda Kuningan Jawa Barat)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap profitabilitas dan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Juanda Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapat menggunakan kuesioner responden pasien rawat inap dan rawat jalan, untuk menganalisis pengaruh program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Juanda Kuningan, jumlah sampel adalah sebesar 91 pasien rawat inap dan 88 pasien rawat jalan. Data sekunder didapat dari bagian keuangan rumah sakit, untuk menganalisis pengaruh program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap profitabilitas Rumah Sakit Juanda Kuningan Jawa Barat. Metode yang digunakan menggunakan uji t berpasangan untuk menganalisis adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah berlangsungnya program Jaminan Kesehatan Nasional pada RS Juanda Kuningan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Program JKN (X) dan variabel gross profit margin (Y1), variabel net profit margin (Y2), variabel return on total assets (Y3) dan variabel return on equity (Y4). Sedangkan antara program JKN (X) dengan variabel kualitas pelayanan (Y5) pada pasien rawat inap dan rawat jalan terdapat juga hubungan yang signifikan. Dari hasil mean didapat bahwa pada variabel rasio profitabilitas nilainya lebih tinggi ketika program JKN belum berlangsung yaitu pada tahun 2011 sampai tahun 2013 yang berarti bahwa nilai profitabilitas perusahaan lebih baik ketika program JKN belum berlangsung di RS Juanda. Sedangkan pada variabel kualitas pelayanan didapat bahwa nilai meannya lebih tinggi ketika program JKN telah berlangsung di RS yang berarti bahwa ketika program JKN telah dilaksanakan di RS Juanda, kualitas pelayanannya justru meningkat.
Kata kunci: Program JKN, Profitabilitas, Kualitas pelayanan RS
Tidak tersedia versi lain