Text
STRATEGI BAURAN PROMOSI SISIR LASER HAIRMAX SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETERTARIKAN KONSUMEN AWAM UNTUK MEMBELI HAIRMAX SEBAGAI TERAPI KERONTOKAN RAMBUT DAN KEBOTAKAN
STRATEGI BAURAN PROMOSI SISIR LASER HAIRMAX SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETERTARIKAN KONSUMEN AWAM UNTUK MEMBELI HAIRMAX SEBAGAI TERAPI KERONTOKAN RAMBUT DAN KEBOTAKAN
ABSTRAK
Saat ini perkembangan industri farmasi Indonesia tergolong solid. Hal ini terlihat dari proyeksi pertumbuhan pasar farmasi nasional pada tahun 2014 yang meningkat sebesar 9% menjadi Rp 69,4 triliun, dibanding 2013 sebesar Rp 63,8 triliun. Pertumbuhan pasar alat kesehatan domestik ternyata sejalan dengan pertumbuhan bisnis obat. Pebisnis meyakini bahwa pasar alat kesehatan memiliki prospek pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi dibanding pasar obat, dimana saat ini telah bertumbuh sekitar 20% - 25% dengan nilai bisnis yang mencapai Rp4,9 triliun. Belakangan ini pemasaran alat kesehatan yang tujuannya untuk mengatasi permasalahan pada rambut semakin marak dilakukan. Hairmax adalah salah satu alat kesehatan yang telah mendapatkan pengakuan dari FDA untuk mengatasi kerontokan rambut dan kebotakan yaitu sisir laser Hairmax. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah sisir laser Hairmax dapat diterima oleh masyarakat awam sebagai terapi alternatif untuk mengatasi kerontokan dan kebotakan rambut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif yang dikumpulkan melalui daftar pertanyaan (kuesioner). Teknik pengisian dilakukan dengan wawancara langsung terhadap responden di lokasi yang bersangkutan berada.Responden dari penelitian ini berjumlah 375. Data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dianalisa secara statistik menggunakan software SPSS versi 21. Bauran promosi yang paling efektif untuk memasarkan Hairmax secara langsung ke masyarakat awam adalah Advertising. diikuti dengan personal selling, sales promotion dan kemudian direct marketing. Kegiatan advertising yang paling efektif untuk pemasaran Hairmax yaitu melalui televisi, internet dan radio. Kegiatan personal selling yang harus dilakukan yaitu dengan banyak melakukan demonstrasi mengenai Hairmax. Sales promotion yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan potongan harga dengan program-program
xvi
tertentu. Dan yang terakhir adalah direct marketing, kegiatan direct marketing yang haurs dilakukan adalah dengan melakukan penjualan Hairmax secara online.
Kata Kunci: Bauran promosi, ketertarikan konsumen, advertising, direct marketing, personal selling, sales promotion
Tidak tersedia versi lain