Art Original
ANALISIS MENGENAI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KASIH KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK
Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan
farmasi kepada masyarakat. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis
kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap
pelayanan kefarmasian di Apotek Kasih, Kecamatan Cimanggis Kota Depok.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan kuesioner
kepada pelanggan yang membeli obat baik dengan Resep ataupun tidak dengan Resep
dokter, untuk menggambarkan karakteristik data menggenai Usia, Jenis Kelamin,
Domisili dengan angka untuk memberikan gambaran yang jelas tentang fenomena
kepuasan pelanggan. Hasil pengujian, data karakteristik responden menunjukkan
bahwa mayoritas Responden berusia 18-25 tahun (47.62%), berjenis kelamin laki-laki
(52.38%), yang berjenis kelamin perempuan sebanyak (47.62%). dan berdomisili di
Depok (83.33%) dan untuk responden yang berada diluar kota depok sebanyak
(16.66%). Responden menyatakan tata letak alat kesehatan dan obat yang mudah dicari
di Apotek dan petugas apotek membantu dalam memilihkan obat yang tepat, dengan
Hasil (97.6%), Ketersediaan obat di Apotek (95.2%), Keramahan Pelayanan di apotek
sebanyak (92.9%), Pelayanan dengan cepat dan tanggap (90.5%) di Apotek. Dengan
Hasil keseluruhan kepuasan pelanggan di apotek kasih terkait dengan kualitas
pelayanan (94.77%), dengan kategori sangat puas.
Tidak tersedia versi lain