Text
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Dan Harga Produk Imunomodulator Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Di Wilayah Jabodetabek
Ketika sistem imun tidak bekerja dengan baik, tubuh akan rentan terhadap
penyakit. Banyak cara guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh
diantaranya dengan mengonsumsi herbal atau suplemen yang berfungsi
sebagai imunomodulator. Sebelum membeli suatu produk, calon konsumen
biasanya melakukan berbagai pertimbangan diantaranya adalah merek,
kualitas dan harga produk yang akan dibeli. Stimuno dan Imboost merupakan
merek-merek yang sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2021 berada dalam
top brand kategori vitamin sistem imunitas dengan menempati dua besar
merek pada Top Brand Index (TBI). Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh citra merek, kualitas dan harga produk
imunomodulator merek stimuno dan imboost terhadap kepuasan dan
dampaknya pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksplanatif yang menggunakan data kuantitatif dengan metode
pengambilan sampel probability sampling dan teknik pengambilan sampel
purposive sampling. Kuesioner berisikan sejumlah item pertanyaan tertulis
berkaitan dengan citra merek, kualitas produk, harga, kepuasan pelanggan
dan loyalitas pelanggan dibagikan kepada responden yang memenuhi kriteria
inklusi penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji validitas,
reliabilitas dan goodness of fit masing-masing variable menggunakan
software SEM PLS (Structural Equation Model Partial Least Square). Hasil
analisis menunjukan citra merek (3,797 dan 0,000), kualitas (2,037 dan
0,042) dan harga produk (11,491 dan 0,000) secara langsung terhadap
kepuasan pelanggan memiliki t-value > 1,96 dan p-value < 0,05. Citra merek
(0,472 dan 0,637) secara langsung terhadap loyalitas memiliki t-value < 1,96
dan p-value > 0,05, kualitas (2,694 dan 0,007) dan harga produk (5,571 dan
0,000) secara langsung terhadap loyalitas memiliki memiliki t-value > 1,96
dan p-value < 0,05. Citra merek (3,198 dan 0,001), kualitas (1,967 dan 0,049)
dan harga produk (3,912 dan 0,000) secara tidak langsung melalui kepuasan
pelanggan memiliki t-value > 1,96 dan p-value < 0,05. Berdasarkan hasil
analisis dapat disimpulkan bahwa citra merek, kualitas dan harga produk
secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Citra merek secara langsung tidak berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap loyalitas pelanggan namun kualitas dan harga produk
secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan. Citra merek, kualitas dan harga produk secara tidak langsung
melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.
Tidak tersedia versi lain