Text
Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan, Serta Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Brand Image Klinik Marvee Di Jakarta
Bisnis kecantikan telah menjadi industri besar yang mempengaruhi kehidupan
sehari-hari banyak orang. Setiap perusahaan bersaing untuk memberikan produk
yang berkualitas, layanan yang memuaskan, menjaga citra merek yang diharapkan
agar dapat mempertahankan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap
loyalitas pelanggan melalui brand image pada Klinik Marvee. Sampel penelitian
berjumlah 269 responden yang merupakan klien yang pernah melakukan treatment
minimal 2 kali dengan konsultasi (dengan produk/obat terlaris) ataupun hanya
membeli produk terlaris tanpa konsultasi di Klinik Marvee. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan
analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah menggunakan software
SmartPLS 3.4.3. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk, kualitas
pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap brand image. Demikian pula kualitas
produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, namun
promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Brand image sendiri
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian brand image berhasil
memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan maupun
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan dapat pula
memediasi pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan
Tidak tersedia versi lain