Text
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas (Studi Kasus Pada Klinik Kecantikan X Di Cikarang)
Dalam sektor kesehatan, citra merek yang baik berdampak pada persepsi
konsumen terhadap kualitas yang dirasakan dan tingkat kepercayaan pada produk.
Klinik kecantikan berusaha menciptakan citra merek yang positif dengan
memberikan kualitas terbaik melalui produk dan layanan. Peningkatan ini dapat
membantu dalam mengembangkan kepercayaan konsumen sehingga diharapkan
mampu menghasilkan loyalitas dan profitabilitas yang tinggi serta keunggulan
kompetitif bagi Klinik kecantikan X di Cikarang, karena untuk membentuk
kesetiaan diperlukan kepercayaan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah
untuk memperoleh pengaruh citra merek, kualitas produk dan kualitas layanan
terhadap kepercayaan konsumen yang berdampak kepada loyalitas. Metode dalam
penelitian ini yaitu kuantitatif dengan mengisi kuesioner secara online melalui
google forms dan sebanyak 100 responden yang menjadi sampel penelitian. Data
dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan
software SmartPLS 3.3.3. Penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai p
= 0,089 < 0,1. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai p = 0,075 < 0,1. Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,089 < 0,1.
Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan
konsumen dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kualitas layanan tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,889 > 0,05.
Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap
loyalitas dengan nilai p = 0,002 < 0,05. Citra merek, kualitas produk dan kualitas
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepercayaan
konsumen dengan nilai p = 0,003 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain