Text
Analisis Faktor Penentu Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Omega-3 Di Apotek Kota Jambi
Persaingan industri suplemen saat ini menjanjikan suatu peluang dan tantangan baru dimana
segmen pasar yang dimiliki tersebar luas. Keadaan ini mengakibatkan persaingan bisnis yang
semakin kuat. Banyak perusahaan bersaing untuk memperebutkan posisi pertama citra merek
terbaik di industri suplemen. Salah satu produk suplemen yang memiliki potensi pemasaran yang
sangat baik adalah suplemen omega-3. Setiap perusahaan dituntut untuk dapat melakukan strategi
bisnis agar citra merek produk tidak kalah bersaing sehingga dapat meningkatkan keputusan
pembelian pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga,
promosi dan saluran distribusi terhadap citra merek yang berdampak pada keputusan pembelian
produk suplemen omega-3 di apotek Kota Jambi, menggunakan data primer yang dikumpulkan
melalui wawancara dengan kuesioner terstruktur dan data sekunder dari jurnal dan publikasi
lainnya. Sebagai responden adalah 155 konsumen yang membeli produk suplemen omega-3 di
apotek Kota Jambi, berusia 18 tahun atau lebih, pernah membeli serta menggunakan produk
suplemen tersebut sebelumnya, yang diambil dengan metode purposive sampling. Data dianalisis
menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan program Lisrel 8,70. Hasil penelitian
kuantitatif ini menunjukkan kelima hipotesis diterima, yaitu kualitas produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap citra merek, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra
merek, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, saluran distribusi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian.
Tidak tersedia versi lain