Text
Analisis Penerimaan Publik Terhadap Pelayanan Kefarmasian Peserta Bpjs Berdampak Kepercayaan (Studi Pada Apotek Zentrum Depok)
Nilai kepercayaan publik menjelaskan mengapa publik menanggapi dengan positif
dan juga negatif permasalahan pada sistem pelayanan kefarmasian. Secara efektif
kepercayaan sangat penting fungsinya pada sistem pelayanan kefarmasian sehingga
dapat menanggapi kebutuhan semua masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh bukti penerimaan publik terhadap pelayanan BPJS berdampak
kepercayaan pada Apotek Zentrum. Jenis penelitian menggunakan metode
deskriptif eksploratif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner,
wawancara terstruktur dan observasi langsung. Populasi dan sampel penelitian
adalah peserta BPJS Apotek Zentrum Depok sebanyak 50 orang. Analisis data
menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan Penerimaan publik
pasien BPJS sudah tergolong baik dan pasien juga merasa puas dengan pelayanan
kefarmasian BPJS, sehingga ada pengaruh penerimaan publik dan pelayanan
kefarmasian Pasien BPJS. Karakteristik responden (demografi) yang memiliki
hubungan terhadap pelayanan kefarmasian peserta BPJS adalah jenis kelamin, usia,
pendidikan dan pekerjaan. Sedangkan penghasilan dan jenis pelayanan tidak
memiliki hubungan terhadap pelayanan kefarmasian. Dengan demikian,
penerimaan publik peserta BPJS sudah tergolong baik dan pasien juga merasa puas
dengan pelayanan kefarmasian BPJS sehingga berdapak pada kepercayaan yang
juga tinggi.
Tidak tersedia versi lain