Text
Analisis Strategi Personal Selling Mitra 1001 Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Awareness Dan Pengembangan Brand Image Produk Minyak Angin Aromatic 1001
Di era yang serba cepat dan penuh tantangan, menuntut perusahaan untuk mampu
beradaptasi dan merespons segala perubahan yang terjadi. Hal ini harus dilakukan
agar perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya dan meraih pangsa pasar
yang lebih besar. PT. International Chemical Industry selaku produsen Aromatic
1001 pernah melakukan strategi celebrity endorsement menggunakan jasa salah
pasangan artis papan atas di Indonesia yaitu RA dan NS. Namun hasil yang
diperoleh kurang memuaskan. Sehingga pada tahun 2016 akhir celebrity
endorsement tidak dilanjutkan dan diganti dengan strategi personal selling yang
diberi nama Mitra 1001. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh
strategi Mitra 1001 terhadap brand awareness dan pengembangan brand image dari
minyak angin Aromatic 1001. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi
eksplanatori yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden
yang pernah membeli Aromatic 1001 melalui Mitra 1001. Penelitian dilakukan
pada bulan Agustus 2020 hingga Februari 2021 dimana hasilnya diolah
menggunakan software SPSS versi 24 dan LISREL. Hasil pengolahan data tersebut
menunjukkan pengaruh dari strategi Mitra 1001 terhadap brand awareness dan
brand image minyak angin Aromatic 1001. Dari hasil pengolahan data tersebut
dapat menjadi bahan pertimbangan apakah strategi Mitra 1001 diteruskan atau
dilakukan penyesuaian kembali karena pengaruhnya terhadap brand awareness dan
pengembangan brand image Aromatic 1001. Hasil penelitian menunjukkan
kategori terbanyak yang membeli Aromatic 1001 berada pada usia dengan range
17-24 tahun. Selain itu, strategi Mitra 1001 memiliki pengaruh positif terhadap
brand awareness produk Aromatic 1001 namun tidak berpengaruh signifikan
terhadap pengembangan brand image produk Aromatic 1001. Pengaruh positif
Mitra 1001 terhadap brand awareness menandakan bahwa keberadaan Mitra 1001
dapat meningkatkan brand awareness produk dengan kegiatan personal selling
yang dilakukan. Namun strategi mitra 1001 belum dapat meningkatkan brand
image Aromatic 1001 secara signifikan. Mitra 1001 belum dapat menanamkan ke
benak konsumen bahwa Aromatic 1001 merupakan minyak angin aromaterapi yang
berkualitas dengan harga terjangkau. Untuk dapat menanamkan image produk yang
diinginkan kepada konsumen terkadang membutuhkan waktu yang cukup panjang
dengan menggunakan berbagai macam strategi yang tepat seperti melakukan
promosi yang efektif, menggunakan jasa endorser ataupun meningkatkan kualitas
produk dan layanan
Tidak tersedia versi lain