Text
Pengaruh Budaya Perusahaan Pt. X Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Yang Memiliki Dampak Kepada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Apotek Unit Bisnis Depok Pt. X
Perusahaan yang bergerak dalam interaksi antara karyawan dan pelanggan
khususnya pada karyawan yang berada diposisi frontline sangat penting dalam
mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam kegiatan pembelian yang dilakukan
oleh setiap pelanggan, Budaya perusahaan merupakan salah satu faktor dapat yang
mempengaruhi kualitas layanan pada seluruh karyawan, khususnya untuk
karyawan berada diposisi frontline. Apotek Unit Bisnis Depok PT. X adalah salah
satu perusahaan yang bergerak dalam interaksi antara pelanggan dan karyawan.
Berdasarkan data hasil survey di tahun 2019 mengenai kepuasan pelanggan yang
dimiliki Apotek Unit Bisnis Depok PT. X menyatakan bahwa ditemukannya gap
sekitar 0,24 dari standar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh budaya perusahaan PT. X terbaru terhadap kualitas
pelayanan kefarmasian yang akan menghasilkan kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
Chisquare dengan pendekatan Crosstab. Sampel penelitian ini adalah pelanggan di
10 Apotek Unit Bisnis Depok PT. X. Hasil Analisis ditemukan setelah
dilakukan Crosstab Variabel Budaya Perusahaan terhadap Kualitas Pelayanan
Kefarmasian Chi-square test menunjukkan signifikansi p-value sebesar 0.456
(lebih besar dari 0,05), Variabel Budaya Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan
Chi-square test menunjukkan signifikansi p-value sebesar 0.129 (lebih besar dari
0,05), Variabel Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan Pelanggan Chi-square
test menunjukkan signifikansi p-value sebesar 0.00 (lebih kecil dari 0,05),
Variabel Pelayanan Kefarmasian terhadap Loyalitas Pelanggan Chi-square test
menunjukkan signifikansi p-value sebesar 0.003 (lebih kecil dari 0,05), Variabel
Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Chi-square test menunjukkan
signifikansi p-value sebesar 0.00 (lebih kecil dari 0,05). Kesimpulan,
menunjukkan adanya pengaruh antara Pelayanan Kefarmasian terhadap Kepuasan
Pelanggan, terdapat pengaruh antara Pelayanan Kefarmasian terhadap Loyalitas
Pelanggan dan terdapat pengaruh antara Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas
Pelanggan di Apotek PT. X wilayah Depok.
Tidak tersedia versi lain